RSS

Soal : Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Yang Tersambung Jaringan

10 Jan
  1. Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jaringan tersebut!
  2. Sebutkan dan jelaskan topologi fisik jaringan yang ada minimal 2 buah serta keuntungan dan kerugiannya!
  3. Dalam Jaringan apakah perlu dilakukan perawatan? Kalau perlu berapa jangka waktu perawatannya? Mengapa harus dilakukan perawatan? Pada bagian apa saja?
  4. Apakah ada kesamaan dan perbedaan fungsi antara HUB, Repeater, Bridge, dan Router dalam jaringan?
  5. Apa yang dimaksud dengan protokol dalam jaringan IPX dan TCP/IP?
  6. Apa yang dimaksud dengan jaringan peer to peer dan peer to server (client server) apa keuntungan dari masing-masing ?
  7. Bagaimana penanganan pengisolasian kerusakan pada jaringan dengan topologi Bus dan pengaruhnya terhadap dengan topologi tersebut.
  8. Bagaimana penanganan pengisolasian kerusakan pada jaringan dengan topologi Star dan pengaruhnya terhadap sistem jaringan tersebut.
  9. Menurut anda lebih mudah pengisolasian pada jaringan pada topologi star atau topologi Bus? Apa kemudahannya?
  10. Pada saat isolasi permasalahan secara software hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan? Mengapa?

 

 

 

Sumber : Modul TKJ

 

About these ads
 
20 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 10, 2012 in TKJ

 

Tag: , , ,

20 responses to “Soal : Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Yang Tersambung Jaringan

  1. brigadirfaqih

    Januari 11, 2012 at 6:29 am

    Nama : Muhammad Abdul Faqih
    Kelas : XII TKJ
    No : 25

    5. Protokol IPX ( Internetwork Packet Exchange ) adalah Protokol Komunikasi tanpa koneksi, IPX digunakan untuk pemetaan paket – paket data dari satu titik di dalam jaringan ke titik lainnya melalui sebuah internetwork.
    Protokol TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ) adalah Standar komunikasi data yang yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar – menukar data dari komputer satu ke komputer lainnya di dalam jaringan internet.

     
  2. Bambang Purwanto

    Januari 11, 2012 at 1:31 pm

    3. Jaringan sangat perlu dilakukan perawatan. Perawatan harus dilakukan secara berkala dan dilakukan pengecekan setiap minggu serta pada saat terjadi gangguan. Perawatan perlu untuk mendapatkan kinerja jaringan yang optimal dan selalu dalam kondisi yang normal. Bagian yang memerlukan perawatan adalah seluruh komponen jaringan baik secara hardware maupun secara software.

     
  3. Woulandtz Ciiqueen NyugkhUnyughsangadt

    Januari 12, 2012 at 1:35 pm

    6
    a. Jaringan Peer to Peer : suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi-, pemrosesan-, dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.
    Keuntungan : Desentralisasi jaringan P2P memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan jaringan klien-server tradisional. Jaringan P2P menyeimbangkan diri secara terus menerus tanpa menambah waktu pencarian alamat panggilan dan tanpa harus menggunakan suatu sumber-sumber terpusat. Mereka memanfaatkan mesin –mesin perangkat yang digunakan pengguna-akhir (end users) karena sumber-sumber ini selalu berjalan ke arah proporsi tujuan jaringan. Setiap penambahan ujung baru pada jaringan menambah potensi lebih pemrosesan yang lebih kuat dan bandwith yang lebih besar untuk jaringan tersebut. Ditambah lagi, karena sumber-sumbernya terdesentralisasi, generasi kedua (2G) dari jaringan P2P telah berhasil secara virtual mengeliminasi seluruh biaya yang berhubungan dengan infrastruktur terpusat yang besar.
    b. Jaringan Peer to Server : sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server.
    Keuntungan : Memberikan keamanan yang lebih baik, Lebih mudah pengaturannya bila networknya besar karena administrasinya disentralkan, dan Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral

     
  4. Fitria Nurkhayati

    Januari 14, 2012 at 6:49 am

    Nama : Fitria Nurkhayati
    Kelas : XII TKJ
    No : 16

    10. Pada saat isolasi permasalahan secara software hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

    a. Penginstallan driver kartu jaringan dengan sempurna, karena kartu tersebut mengkomunikasikan kartu jaringan dengan komputer. Apabila penginstallan tidak sempurna maka komputer tidak akan mengenal kartu jaringan tersebut sehingga kartu jaringan tidak dapat digunakan.
    b. Konfigurasi kartu jaringan, karena setting kartu jaringan mengkomunikasikan komputer dengan jaringan yang telah ada.
    c. IP Address dan Subnet mask adalah alamat komputer, karena apabila mengisi alamat tersebut dengan asal maka tidak dapat masuk dalam sistem jaringan, maka perlu mengetahui nomor IP dan Subnet mask yang digunakan dalam jaringan untuk dapat bergabung dalam jaringan tersebut.

     
  5. Fitria Nurkhayati

    Januari 14, 2012 at 6:52 am

    d. Workgroup, karena untuk masuk dalam jaringan harus mengetahui alamatnya kalau tidak mengetahui kelompok yang dituju maka tidak dapat masuk dalam kelompok tersebut walaupun nomor IP dan subnet mask sudah benar.

     
  6. Lukman hakim

    Januari 14, 2012 at 4:50 pm

    1. TOPOLOGI START
    Topologi strart merupakan topologi yang masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan komputer secara keseluruhan.

    Keuntungan menggunakan topologi star yaitu:
    a.Fleksibelitas tinggi.
    b.Penambahan atau perubahan komputer sangat mudah dan tidak menganggu bagian jaringan lain, yaitu dengan cara menarik kabel menuju hub.
    c.Kontrol terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan.
    d.Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan, jika terdapat salah satu kabel yang menuju node terputus maka tidak akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Hanya kabel yang putus yang tidak dapat digunakan.
    e.Jumlah pengguna komputer lebih banyak daripada topologi Bus

    Kelemahan menggunakan topologi star yaitu:
    a.Boros kabel
    b.Perlu penanganan khusus
    c.Jika Hub Rusak maka jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.

    2. Topologi Bus
    Topologi Bus adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator.

    Keunggulan Topologi BusKeunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

    Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node).

    Kerugian topologi bus:
    – Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
    – Kepadatan lalu lintas.
    – Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
    – Diperlukan repeater untuk jarak jauh

     
    • Lukman hakim

      Januari 14, 2012 at 4:52 pm

      soal No. 2. Sebutkan dan jelaskan topologi fisik jaringan yang ada minimal 2 buah serta keuntungan dan kerugiannya!

       
  7. Yoga Ardi Prasetyo

    Januari 15, 2012 at 12:50 pm

    Nama : Yoga Ardi Prasetyo
    No. Absen : 35

    9. Menurut saya lebih mudah pengisolasian jaringan pada topologi star karena :

    – Mudah dalam pemasangannya
    – Mudah dalam pendeteksian kerusakan/kesalahan
    – Paling Fleksibel
    – Pengurangan, pengembangan dan pengelolaan jaringan mudah
    – Kerusakan atau perawatan yang dilakukan pada satu node tidak mempengaruhi node yang lain.
    – Kontrol terpusat
    – Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

     
  8. tata

    Januari 15, 2012 at 2:48 pm

    Nama: Andi batari
    No. absen : 9

    5. IPX/SPX atau INTERNETWORK PACKET EXCHANGE/SEQUENCED PACKET EXCHANGE mempunya fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang di transmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data.

    TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL/INTERNET PROTOCOL (TCP/IP) adalah satu set aturan standar komunikasi data yang di gunakan dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain di jaringan komputer tanpa melihat perbedaan hardware.

     
  9. Heri Siswanto

    Januari 17, 2012 at 2:59 am

    5.IPX/SPX
    IPX/SPX atau Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.
    TCP/IP
    TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.

     
  10. Andi Fatkhul Hadi

    Januari 24, 2012 at 2:50 pm

    Nama : Andi Fatkhul Hadi
    No Apsen : 10

    Pertanyaan :
    4. Apakah ada kesamaan dan perbedaan fungsi antara HUB, Repeater, Bridge, dan Router dalam jaringan?

    Jawaban :
    Kesamaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah sebagai penghubung antar komputer agar dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

    Perbedaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah:
    – Hub adalah sebagai pembagi sinyal data dari Kartu Jaringan (Network Interface card) dan sekaligus untuk penguat sinyal dalam satu jaringan.
    -Repeater adalah penguat sinyal. Sinyal yang diterima dari segmen jaringan satu ke segmen jaringan yang lain yang diharapkan sinyal yang diterima akan sama kuatnya dengan sinyal yang dipancarkan. Dengan pemasangan repeater ini diharapkan dapat memperluas dua buah jaringan komputer.
    -Bridge digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan mengirim atau menungkin paket data dari satu LAN ke LAN yang lain. Sebuah bridge menyediakan sambungan antar dua tipe LAN yang sama. Dengan pemasangan bridge dapat memperluas jaringan LAN, sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi bagian dari LAN yang lebih besar
    – Router memiliki kemampuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang memungkinkan banyak jalur diantara keduanya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehinga trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN dapat terisolasi dengan baik dari trafik yang dibangkitkan LAN lain.

     
  11. m. ari munandar

    Januari 25, 2012 at 5:56 am

    23. Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jaringan tersebut ? .

    Jawaban :

    1. Komputer Server .
    – Berfungsi sebagai pusat data serta pintu masuk kedalam sistem jaringan dan berisikan daftar user yag diperbolehkan masuk ke server atau kedalam sistem jaringan tersebut .

    2. Komputer Workstation (client) .
    – Berfungsi memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut denan server .

    3. HUB/Switch .
    – Berfungsi sebagai terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Ethernet Card) .

    4. Kartu Jaringan (NIC) .
    – Berfungsi sebagai media untuk penghubung sehingga komputer dapat dihubungkan kedalam sistem jaringan .

    5. Kabel dan Konektor .
    – Berfungsi sebagai media penghubung antara komputer client dengan computer client yang lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan .

     
  12. Dwi Astri

    Januari 25, 2012 at 7:07 am

    5. Apa yang dimaksud dengan protokol dalam jaringan IPX dan TCP/IP?

    Penjelasan :
    IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless).
    TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet

     
  13. Ahmad Riansyah R

    Januari 25, 2012 at 7:19 am

    6. Apa yang dimaksud dengan jaringan peer to peer dan peer to server (client server) apa keuntungan dari masing-masing ?

    Pembahasan :
    Jaringan Peer Tpo Peer adalah
    sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

    Keuntungannya :
    #Lebih murah
    #Mudah untuk di setup
    #Mudah dan murah dalam perawatan
    #Tidak membutuhkan sistem operasi berbasis server

    Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain.

    Keuntungan :
    # Security terpusat
    # Sinkronisasi pada file
    # Mudah di backup
    # Mudah di perbesar jaringanya

     
  14. Cahyono

    Januari 25, 2012 at 7:51 am

    23.Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jaringan tersebut ?

    Jawaban :
    1.Komputer server
    Adalah sebuah PC yg berpungsi untuk mengatur Komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya.
    2.Komputer Client
    Adalah sebuah PC atau beberapa PC yg terhubung ke server dan dapat mengakses internet dengan adanya izin dari sebuah server.
    3.HUB
    Adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.
    4.NIC
    Adalah berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
    5.Kabel dan Konektor
    Kabel adalah kawat penghantar listrik berisolasi tunggal. Dapat juga dua atau lebih kawat berisolasi bersama-sama merupakan kesatuan. Kabel kawat (penghantar arus listrik) berbungkus karet, plastic yang juga digunakan sebagai bahan penyekat.
    Konektor adalah Penghubung suatu perangkat dengan perangkat lainnya.

     
  15. Alfiani Ayu Firdasari

    Januari 27, 2012 at 7:41 am

    6. Apa yang dimaksud dengan jaringan peer to peer dan peer to server (client server) apa keuntungan dari masing-masing ?

    Jawaban :
    Jaringan Peer Tpo Peer adalah
    sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

    Keuntungannya :
    – Lebih murah
    – Mudah untuk di setup
    – Mudah dan murah dalam perawatan
    – Tidak membutuhkan sistem operasi berbasis server

    Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain.

    Keuntungan :
    – Security terpusat
    – Sinkronisasi pada file
    – Mudah di backup
    – Mudah di perbesar jaringanya

     
    • malik

      April 23, 2012 at 5:08 am

      mksh informasi nya ya

       
  16. Abdullah Labib

    Januari 27, 2012 at 7:44 am

    4. Apakah ada kesamaan dan perbedaan fungsi antara HUB, Repeater, Bridge, dan Router dalam jaringan?

    Jawaban :
    Kesamaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah sebagai penghubung antar komputer agar dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

    Perbedaan antara HUB, Repeater, Bridge dan Router dalam jaringan adalah:

    – Hub adalah sebagai pembagi sinyal data dari Kartu Jaringan (Network Interface card) dan sekaligus untuk penguat sinyal dalam satu jaringan.
    – Repeater adalah penguat sinyal. Sinyal yang diterima dari segmen jaringan satu ke segmen jaringan yang lain yang diharapkan sinyal yang diterima akan sama kuatnya dengan sinyal yang dipancarkan. Dengan pemasangan repeater ini diharapkan dapat memperluas dua buah jaringan komputer.
    – Bridge digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan mengirim atau menungkin paket data dari satu LAN ke LAN yang lain. Sebuah bridge menyediakan sambungan antar dua tipe LAN yang sama. Dengan pemasangan bridge dapat memperluas jaringan LAN, sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi bagian dari LAN yang lebih besar
    – Router memiliki kemampuan untuk melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang memungkinkan banyak jalur diantara keduanya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehinga trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN dapat terisolasi dengan baik dari trafik yang dibangkitkan LAN lain.

     
  17. Putra perdana r

    Oktober 30, 2012 at 1:31 am

    Ini sangat membantu saya sebagai pelajar jurusan tkj… Terima kasih abang dan kakak semuanya.. Saya tunggu soal-soal yang lain

     
  18. nama: melati suci ramadhani

    November 7, 2012 at 2:59 am

    alat vital yang harus di miliki :
    1. komputer server —-> sebagai pusat data sebagai pintu masuk ke dalam sistem jaringan dan berisikan daftar user yang di perbolehkan masuk ke server atau ke dalam sistem jaringan tersebut.
    2. kompoter work station —-> berfungsi memanfaatkan jaringan utk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server.
    3. hub/switch —-> berfungsi sebagai terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (network card)

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: