RSS

Soal : Melakukan Perawatan PC

06 Jan
  1. Jelaskan fungsi Disk Cleaner
  2. Jelaskan fungsi CD Cleaner
  3. Apa beda Disk Cleaner dengan CD Cleaner
  4. Sebutkan langkah-langkah atau prosedur perawatan komponen PC berikut ini : Hard disk, CPU, Memory, Expansion Card, Power supply
  5. Korosi yang terjadi pada PC akan mengganggu kerja peralatan tersebut. Bagaimana prosedur perawatan yang perlu dilakukan untuk menghindarkan korosi.
  6. Jelaskan fungsi masing-masing software berikut : 1) Device Manager, 2) Bios, 3) Direct X , 4) Disk Defragmenter , 5) Scan Disk , 6) Free RAM XP pro 1.40
  7. Tindakan korektif apa yang perlu dilakukan untuk menjaga agar PC tetap dapat berfungsi dengan baik.
  8. Uraikanlah langkah-langkah pembuatan laporan perawatan PC.

     

 

 

 

Sumber : Modul TKJ

About these ads
 
16 Komentar

Posted by pada Januari 6, 2012 in TKJ

 

Tag: , , , , ,

16 responses to “Soal : Melakukan Perawatan PC

  1. obbycom ikhwan fauzi

    Januari 7, 2012 at 8:49 am

    Cd cleaner berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih yang cara kerjanya memanfaatkan putaran yang prinsip kerjanya seperti disk cleaner

     
  2. M. Ainun Rofiq

    Januari 8, 2012 at 8:03 am

    Disk cleaner untuk membersihkan Foppy disk drive sedangkan Cd Cleaner untuk membersihkan CD/DVD Drive..

     
  3. Fatkhurrokhman Sidiq

    Januari 9, 2012 at 9:56 am

    Nama : Fatkhurrokhman Sidiq
    No. Absen : 15

    Soal :

    3. Apa beda Disk Cleaner dengan CD Cleaner?

    Jawaban :

    3. Sebenarnya fungsi dari cd cleaner dan disk cleaner itu sama, tapi dalam tahap pengerjaanya itu yang berbeda, berikut perbedaan cd cleaner dan disk cleaner :

    CD cleaner proses atau prinsip kerjanya yaitu menggosok pada bagian yang terkena debu dan kotoran dengan ada sikat dia kedua sisi dan cara pembersihanya memanfaatkan perputaran sedangakan disk cleaner hanya membesihkan bagian head disk drive dari debu dan kotoran yang menempel, Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan piringan floopy yang anti kertas tisu.

     
  4. Waajidul Mukhsin, absen 32

    Januari 9, 2012 at 2:05 pm

    5. Korosi yang terjadi pada PC akan mengganggu kerja peralatan tersebut. Bagaimana prosedur perawatan yang perlu dilakukan untuk menghindarkan korosi ?

    jawaban : Prosedur perawatan untuk menghilangkan korosi : Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan korosi tetapi jangan menggunakan cairan yang mudah terbakar seperti: alkohol, bensin atau thinner.

     
  5. brigadirfaqih

    Januari 10, 2012 at 3:14 am

    Nama : Muhammad Abdul Faqih
    Kelas : XII TKJ
    No : 25

    6. fungsi dari
    a. device manager : untuk melakukan pengecekan seluruh perangkat yang terhubung pada komputer secara keseluruhan.
    b. Bios : untuk memastikan dan mensetting semua program dasar, port dan peripheral komputer seperti harddrive, RAM dalam kondisi kerja baik.
    c. Direct X : untuk melihat informasi tentang spesifikasi PC, dan untuk mengecek test Sound card, VGA Card.
    d. Disk Defragmenter : untuk mengatur struktur file dalam harddisk agar tertata rapi, disk defragmenter ini digunakan agar komputer tidak lola.
    e. Scandisk : menjaga dan merawat sistem agar kondisi kerja tetap baik dan merawat serta memperbaiki ketika ada kerusakan pada partisi harddisk.
    f. Free RAM XP Pro 1.40 : untuk mengetahui kondisi ruang kosong dari RAM, dengan tool ini dapat dilakukan penyegaraan terhadap RAM atau pembersihan RAM dari program yang tidak terpakai sehingga RAM dapat bekerja optimal.

     
  6. agus triyono

    Januari 10, 2012 at 8:58 am

    DISK CLEANER
    Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

     
  7. Windy Apriyat Monica

    Januari 10, 2012 at 1:06 pm

    2. Fungsi cd cleaner yaitu menggosok pada bagian yang terkena debu dan kotoran dengan ada sikat dia kedua sisi dan cara pembersihanya memanfaatkan perputaran.

     
  8. Dwi Astri

    Januari 10, 2012 at 1:26 pm

    1. Jelaskan fungsi dari Disk Cleaner
    Jawaban : hanya membesihkan bagian head disk drive dari debu dan kotoran yang menempel, disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan piringan floopy yang anti kertas tisu.

     
  9. andita batari

    Januari 15, 2012 at 4:16 pm

    Nama: Andi Batarai
    Absen: 9

    3) sebenarnya fungsi dari CD cleaner dan disk cleanr itu sama, tapi dalam tahap pengerjaannya yang berbeda.
    cd cleaner proses atau prinsp kerjanya yaitu menggosok pada bagian yang terkena debu dan kotoran dengan ada sikat di kedua sisi dan cara pembersihannya memanfaatkan perputaran. sedangkan disk cleaner hanya membersihkan bagian head disk drive dari debu dan kotoran yang menempel, disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan piringan floopy yang anti kertas tissue

     
  10. Najmudin

    Januari 18, 2012 at 6:59 am

    nama : Najmudin
    no : 26

    8. Uraikanlah langkah-langkah pembuatan laporan perawatan PC.

    jawaban:
    A. Tujuan
    1. Memepersiapkan bahan dan peralatan untuk melakukan perawatan sesuai dengan komponen
    2. Prosedur melakukan pembersihan komponen pada PC.
    3. Tool atau program yang digunakan untuk mengecek kondisi komponen PC.
    4. Melaporkan hasil perawatan PC dalam bentuk logsheet.
    B. Peralatan
    1. Tool set
    2. obeng
    3. Tang
    4. kuas
    5. Kain lap
    C. Bahan
    1. PC dalam keadaan normal
    2. Penyedot debu mini
    3. Kain kering atau tisu
    4. Cairan pembersih /cleaner
    5. Disk Cleaner
    6. CD Cleaner
    D. Langkah Kerja
    A. Tahap Persiapan
    B. Tahap Pelaksanaan
    C. Tahap akhir
    E. Pelaporan hasil Praktik

     
  11. Riski Yuliyanti

    Januari 24, 2012 at 7:08 am

    3. Apa beda Disk Cleaner dengan CD Cleaner ?

    Jawab :
    Sebenarnya fungsi dari Disk Cleaner dengan CD Cleaner sama, tapi dalam tahap pengerjaannya itu yang berbeda,
    Berikut perbedaan Disk Cleaner dengan CD Cleaner :
    Disk Cleaner hanya membersihkan bagian head disk drive dari debu dan kotoran yang menempel, disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan piringan floopy yang anti kertas tisu.
    Sedangkan CD Cleaner prinsip kerjanya menggosok pada bagian yang terkena debu dan kotoran dengan sikat dikedua sisi dan cara pembersihannya memanfaatkan perputaran.

     
  12. Andi Fatkhul Hadi

    Januari 24, 2012 at 1:56 pm

    Nama :Andi Fatkhul Hadi
    No Apsen : 10

    Pertanyaan :
    7. Tindakan korektif apa yang perlu dilakukan untuk menjaga agar PC tetap dapat berfungsi dengan baik.

    Jawaban :
    7. Selalu menjaga kebersihan komponen pada periferal, baik dari kotoran cair maupun debu. Selain dari pada itu juga selalu melakukan pengecekan periferal dengan menggunakan software yang tersedia pada windows maupun software yang disediakan oleh vendornya. Buat jadwal rutin untuk perawatan periferal.

     
  13. Alfiani Ayu Firdasari

    Januari 27, 2012 at 3:41 am

    1. Jelaskan fungsi Disk Cleaner !

    Jawaban :

    Disk cleaner digunakan untuk head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.

     
  14. Fitria Nurkhayati

    Januari 27, 2012 at 7:34 am

    Nama : Fitria Nurkhayati
    No : 16

    4. Langkah-langkah atau prosedur perawatan komponen PC berikut ini :

    > Hard disk
    Untuk perawatan hard disk dari sisi hardware, perlu ditambahkan sebuah fan untuk mengurangi panas pada hard disk. Selain itu perlu diperhatikan pengaturan kabel data agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar. Untuk perawatan dari sisi software, cukup dengan tool-tool yang telah tersedia ketika menginstall sistem operasi. Tool tersebut meliputi scandisk dan disk defragmenter.

    > CPU
    Untuk perawatan pada prosessor adalah dengan memperhatikan tata letak fan sehingga udara dapat berputar dengan lancar. Kemudian perlu dipilih fan prosessor dengan putaran yang tinggi (minimal 5400 rpm) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan penghantar panas yang baik, seperti tembaga dan aluminium. Jika sering melepas prosessor jangan lupa untuk selalu mengoleskan silicon grease agar penghantaran panas lebih lancar.

    > Memori
    Untuk membersihkan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus dengan cara menggosokan pada kaki RAM. Selain itu juga perlu diperhatikan pemasangan pada slot RAM, perlu dipastikan RAM tertancap dengan sempurna karena jika tidak, maka selain RAM tidak terdeteksi oleh sistem juga dapat mengakibatkan kerusakan pada RAM.

    > Expansion card
    Untuk perawatan expansion card, perlu diperhatikan kaki-kakinya dari pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain. Perawatannya cukup dengan cairan pembersih korosi atau dengan menggosok dengan karet penghapus. Selain itu perlu juga dipastikan expansion card terpasang dengan kuat dan sempurna.

    > Power Supply
    Perawatan yang perlu dilakukan untuk merawat power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena fan inilah yang mampu mengurangi panas pada power supply. Selain itu perlu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer tegangan, karena dengan alat ini akan meringankan kerja dari power supply sehingga akan mengurangi panas yang dikeluarkan oleh power supply.

     
  15. Dhyna

    Februari 21, 2012 at 3:55 am

    Go0d

     
  16. labibcom

    Maret 3, 2012 at 5:18 am

    7. Tindakan korektif apa yang perlu dilakukan untuk menjaga agar PC tetap dapat berfungsi dengan baik?

    Jawaban:
    Menjaga kebersihan pada CPU baik komponen-komponennya, serta periferal lainnya dengan membersihkan dengan tisu,kuas, vacum cleaner, penghapus untuk membersihkan alat dan komponennya dari debu,kotoran yang mengganggu proses dan kinerja dari periperal tersebut.
    Untuk perawatan secara software yaitu dengan mengecek sistem operasinya, jika menggunakan windows ada baiknya kita mengatur struktur tata letak harddisk dengan disk defragment, juga bisa menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan cookie, atau temporary yang tidak digunakan lagi sebagai bentuk perawatan. Juga secara berkala men-scan data dengan antivirus, juga meng-update antivirus untuk menambah database dan security terkini.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: